5 Cara Melatih Otot Punggung

Latihan ini penting untuk membuat otot punggung anda menjadi kuat.

Apa sajakah bentuk latihannya? Kekuatan otot punggung dapat dilakukan dengan gerakan back up. Gerakan ini dapat Anda lakukan dimana saja dan kapan saja. Langsung saja lihat penjelasan berikut.

Latihan kekuatan punggung baik untuk melatih otot punggung. Gerakan ini juga berguna sebagai pemanasan sebelum olahraga dan pendinginan setelah olahraga. Latihan kekuatan otot punggung dapat dilatih dengan gerakan back up. Kerja sama dengan teman juga diperlukan dalam latihan ini.

Pertama, lakukan gerakan tengkurap dan teman Anda jongkok dan memegang kaki. Kedua, setelah sudah siap, angkat badan ke atas dan lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang. 

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih otot punggung.

Latihan Kardio

Kardio adalah salah satu cara terbaik untuk membakar kalori berlebih, membuang lemak, serta meningkatkan kesehatan jantung. Untuk menghilangkan lemak di punggung, pilihlah latihan kardio yang fokus pada area tersebut, seperti rowing, boxing, atau berenang. Bahkan dengan melakukannya dua kali dalam seminggu, kamu sudah bisa melihat perbedaannya.

Pull-Up

Pull Up - Cara Melatih Otot Punggung

Latihan kekuatan ini cukup efektif untuk menghilangkah lemak di sekitar punggungmu. Mulailah dengan negative pull-up: Awali dari posisi atas, kemudian turunkan tubuhmu dengan terkontrol. Kembali ke posisi awal, dan ulangi sebanyak 5-10 kali.
Lanjutkan dengan full pull-up kalau kamu kuat: Awali dari posisi bawah, kemudian angkat badanmu menggunakan punggung, bahu, dan lenganmu. Turunkan lagi tubuhmu dengan terkontrol, dan ulangi 5-10 kali.

TYIs

Latihan TYIs sangat bagus untuk membentuk postur seluruh tubuh, sembari mengencangkan punggung dan perut. Mulailah dengan berbaring tengkurap di lantai, kemudian:
  • Angkat dadamu sembari kencangkan punggungmu.
  • Gerakkan lenganmu membentuk huruf “T”.
  • Secara perlahan-lahan, gerakkan lengan membentuk huruf “Y”.
  • Secara perlahan-lahan, gerakkan lengan membentukhuruf “I”.
  • Ulangi 5-12 kali.
  • Kalau nantinya latihan ini terlalu mudah, tambahkan dumbbells.  

Push-Up

Ternyata push-up tak hanya berguna untuk mengecilkan perut, namun juga sangat efektif untuk memperkuat dan mengencangkan punggungmu.
  • Kamu bisa memulainya dengan latihan push-up ringan dengan bertumpu pada lututmu.
  • Turunkan badanmu secara perlahan-lahan ke bawah, fokuslah pada otot punggungmu.
  • Dorong tubuh ke atas ke posisi awal.
  • Ulangi sebanyak 10-20 kali.
  • Kalau kamu sudah bisa melakukan 20 kali pengulangan dengan benar, gantilah dengan push-up normal dengan kaki lurus ke belakang.

Perhatikan Pola Makan

Kombinasikan latihan-latihan tersebut dengan pola makan yang sehat, bersih, serta rendah kalori. Mengendalikan makanan yang kamu konsumsi sangatlah penting agar jumlah kalori yang kamu bakar lebih banyak dibandingkan dengan yang kamu konsumsi. Pola makan sangatlah penting untuk mengurangi lemak punggung, serta lemak di keseluruhan tubuh

Demikianlah artikel kali ini mengenai "5 Cara Melatih Otot Punggung". Semoga bermanfaat buat kalian semua.

Tidak ada komentar untuk "5 Cara Melatih Otot Punggung"