9 Jenis Latihan Kelincahan Agar Tubuh Bergerak Aktif

Memiliki tubuh yang lincah bisa membuat Anda aktif bergerak dan cekatan. Hal tersebut sangatlah penting apalagi jika pekerjaan Anda menuntut banyak pergerakan dengan cepat, misalnya penari, pengangkut barang, panitia acara, dan lainnya.

9 Jenis Latihan Kelincahan Agar Tubuh Bergerak Aktif

Jika tidak ada kelincahan tentu saja apa yang Anda lakukan akan menjadi lambat. Akan tetapi, tak perlu khawatir karena kelincahan bisa dilatih. Meski bukan perkara yang mudah, namun melakukan latihan kelincahan secara teratur bisa membantu Anda mendapatkannya. Bila latihan ini dilakukan dengan benar, maka dapat membakar kalori 600-800 kkal/jam

Jenis-jenis latihan kelincahan

Latihan kelincahan dapat membantu Anda mengontrol gerakan dengan baik serta mengubah arah dengan cepat dan efisien tanpa kehilangan keseimbangan maupun kecepatan. Selain itu, latihan ini juga dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Adapun jenis latihan kelincahan yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

Melakukan Latihan Lari Lurus dengan Bolak-Balik (Shutle Run)

Latihan pertama yang dapat anda lakukan untuk memiliki tubuh yang lebih lincah adalah dengan melakukan latihan lari lurus dengan bolak-balik. Jenis latihan ini dikenal juga dengan nama lain yaitu shuttle run. Anda dapat memulainya dengan pertama tama memposisikan tubuh anda dalam posisi jongkok. Pastikan agar salah satu kaki anda berada di posisi depan. Setelah mendapat aba-aba, maka anda sudah dapat memulai berlari dalam track lurus. Sampai diujung track, maka anda dapat kembali lari ke arah berlawana. Sehingga gerakan ini disebut lari bolak-balik. Rasakanlah reaksinya jika anda lakukan dengan rutin. Sekaligus juga latihan ini termasuk dalam macam macam latihan kecepatan yang bisa anda coba.


Lompat zigzag

Sebelum melakukan latihan kelincahan ini, Anda harus mempersiapkan garis seperti tangga yang dibuat dari selotip. Beri jarak antar anak tangga sekitar 30-60 cm sehingga kaki Anda dapat keluar dan masuk dengan mudah. Setelah siap, berdirilah di salah satu kotak ujung tangga.

Selanjutnya, tekuk lutut sedikit dan melompatlah ke dalam kotak tersebut. Lakukan lompatan zigzag ke luar garis dan ke dalam kotak tangga secara berulang dengan cepat. Setelah mencapai ujung yang lain, ulangi gerakan itu. Jenis gerakan ini dapat membuat Anda lebih tangkas.

Lari zigzag

Anda harus mempersiapkan cone (kerucut) terlebih dahulu dengan meletakkannya secara berjajar untuk membuat garis. Pastikan letak antar kerucut sekitar 60 cm sehingga tidak terlalu berdekatan. 

Kemudian, berlarilah secara zigzag melewati kerucut-kerucut tersebut untuk melatih kelincahan. Setelah sampai ujung, Anda bisa kembali dengan berlari zigzag mundur. Perubahan arah harus dilakukan dengan cepat. 

Lari cepat bolak-balik

Sebelum melakukan gerakan ini, Anda harus menentukan garis start dan finish terlebih dahulu. Lalu, posisikan diri untuk siap berlari dengan pandangan lurus ke depan. Selanjutnya, lakukan sprint atau lari cepat ke garis finish. 

Jika sudah sampai garis finish, berhentilah tiba-tiba dan lari mundur dengan cepat hingga menyentuh garis start. Pertahankan kecepatan dan lakukan balik arah dengan baik sehingga kelincahan pun terasah.

Latihan Menggunakan Reaksi Beban Gerak pada Suatu Balon

Latihan ketiga adalah gerakan untuk mendapatkan reaksi kelincahan secara cepat yang dilakukan dengan menggunakan bantuan balon berisi udara sebagai pengikat beban berat ditubuh. Itulah sebabnya, latihan ini selain menghasilkan kelincahan juga dapat memperkuat sistem otot tubuh secara keseluruhan. Terutama latihan pada otot perut anda. Untuk dapat melakukan latihan ini, pertama tama anda perlu memposisikan tubuh anda secara tegak lurus dan kemudian pasanglah balon udara dengan diikat diperut secara kuat. Sambil tetap adanya balon udara yang terikat di tubuh, maka mulailah anda berlari. Latihan ini dipercaya adalah jenis olahraga untuk melatih pernafasan yang sangat efektif.  Anda harus tetap berada di track walau sangat sulit pastinya melawan beban dan tarikan dari balon udara.

Menangkap bola

Latihan kelincahan ini dilakukan dengan menggunakan bola kecil. Anda dapat melemparkan bola tersebut pada tembok. Bola pun akan memantul, dan Anda harus siap menangkapnya. Berlatihlah menangkap bola dengan dua tangan, kemudian hanya menggunakan tangan yang dominan.

Terakhir, gunakan tangan yang tidak dominan. Latihan ini melibatkan koordinasi berbagai anggota tubuh sehingga sangat baik untuk ketangkasan. Akan tetapi, pastikan Anda melakukan latihan menangkap bola di tempat yang aman karena berisiko terjatuh atau bola melukai orang yang ada di sekitar.

Melakukan Latihan dengan Jongkok Berdiri (Squat Thrust)

Latihan keempat dilakukan dengan cara melakukan jongkok lalu berdiri secara berulang ulang. Gerakan ini kemudian dikenal sebagai gerakan untuk melatih kelincahan dengan nama squat thrust. Pada gerakan kelincahan ini, anda bisa mencobany dengan posisi awal jongkok kemudian berdiri lagi sehingga akan memberikan postur tubuh akan naik secara berulang ulang. Walau gerakannya sangat sederhana, namun tetap diperlukan kehati hatian. Jika anda ingin mencobanya, maka pertama posisikan tubuh anda secara tegak lurus kemudian jika ada aba-aba mulailah berhitung sambil jongkok dan kemudian kedua tangan menyentuh kelantai. Setelah itu, lakukanlah lagi berdiri dan secara berulang-ulang latih otot tubuh anda dan beberapa bagian tubuh anda yang lain menjadi lebih lincah.

Melakukan Latihan dengan Lompat Tangga

Latihan kelima dilakukan dengan melakukan lompat tangga beberapa kali banyaknya hingga batas maksimal stamina anda. Gerakan ini sangatlah berguna untuk mencapai suatu tingkat refleks kaki yang baik, sehingga anda menjadi memiliki kelincahan yang baik dan sistem peredaran darah yang lancar dalam tubuh anda. Selain itu, gerakan ini juga bermanfaat sebagai cara melatih fisik tubuh agar kuat.Tubuh anda tidak kaku lagi dan anda pun dapat lebih cepat menunjukkan refleks. Langkah pertama dari latihan ini adalah dengan memposisikan badan anda secara tegak lurus kemudian bila ada aba-aba mulai lakukanlah gerakan lompatan tangga dengan salah satu kaki anda. Lakukan gerakan di atas secara bergantian, maka anda akan memiliki otot kaki yang lebih lincah.

Melakukan Latihan dengan Agility Balls

Latihan keenam, kelincahan diketahui bermanfaat untuk memberikan ketangkasan bukan saja secara fisik namun ketangkasan otak anda. Lakukanlah latihan dengan menggunakan agility balls. Gerakan ini akan melatih ketangkasan anda dalam melakukan lempar tangkap bola bola yang berukuran kecil ini. Sehingga dalam melakukannya anda dapat mulai dengan bola yang dipantulkan ke tembok. Bagaimana anda menghadapi pantulan bola inilah yang menjadi reflek atau tingkat kelincahan yang ditunjukkan oleh tubuh anda. Jika anda sudah terbiasa, maka anda kemudian akan menemukan tips agar tidak mudah lelah dalam berolahraga yang dapat anda bagikan ke orang lain.

Manfaat Latihan Kelincahan

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa berbagai latihan di atas berguna untuk melatih kelincahan. Sebenarnya ada banyak manfaat lain yang dapat anda rasakan dari berbagai latihan di atas. Apakah manfaat-manfaat tersebut? Berikut ini beberapa diantaranya.
  1. Membantu meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh
  2. Membantu proses pernapasan lebih baik
  3. Menjadi olahraga untuk membentuk otot tubuh dengan baik
  4. Untuk membuat postur tubuh meningkat lebih baik
  5. Menghindari tulang keropos
  6. Mmengurangi lemak didalam tubuh
Meski bukan hal yang mudah, namun cobalah melakukan latihan kelincahan tersebut secara rutin agar Anda bisa lebih tangkas dan cekatan. Anda bisa melakukanya di rumah maupun di kelas olahraga bersama dengan instruktur terlatih.

Pastikan Anda melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum maupun setelah latihan. Jangan sampai terjadi cedera yang bisa menyebabkan aktivitas sehari-hari Anda terganggu. Selain itu, minumlah dengan cukup dalam sesi latihan agar terhindar dari dehidrasi.

Tidak ada komentar untuk "9 Jenis Latihan Kelincahan Agar Tubuh Bergerak Aktif"