Cara Memulai Fitnes Yang Baik dan Benar

Cara Memulai Fitnes Yang Baik dan Benar

Fitnes | Memulainya merupakan keputusan yang pintar. Banyak yang akan dapatkan dengan menjalani fitnes dan gaya hidup sehat.

Nah, berikut akan dijelaskan cara memulai fitnes yang baik dan benar :

Apa Motivasi Anda Untuk Menjalani Fitness

Sebaiknya kita mengetahui apa faktor pendorong kita dalam menjalani program fitness?

Ingin menurunkan berat badan,  menambah berat badan, mendapatkan bentuk tubuh yang  ideal ,  membuat perut sixpack membentuk otot, atau hanya sekedar menjalan gaya hidup sehat?
 
Cara Memulai Fitnes Yang Baik
mungkin latihan yang akan dijalani akan terasa berat jika kita tidak memiliki motivasi yang kuat. Karena motivasi atau faktor pendorong yang anda miliki, akan menjadi sebuah  energi tersendiri untuk tetap bertahan dalam menjalankan aktivitas yang pada awalnya akan terasa berat dan membosankan. 

Apapun itu motivasi anda dalam menjalankan aktivitas fitnes ini, coba tanamkan dalam sanubari anda, dan kalau perlu tulislah agar memudahkan pembuatan rencana, memilih jenis latihan, dan juga pemantauan perkembangan.

Mengukur Tingkat Kesehatan

Dengan mengukur tingkat kesehatan anda, itu akan membantu dalam memilih jenis latihan, waktu yang akan ditempuh per latihan, dan mungkin lebih spesifik dapat membantu menentukan jumlah  set dan  repetisi pada setiap workout yang akan dijalankan.

Jika tingkat kesehatan berada pada kondisi normal, maka bisa langsung mencoba beberapa aktivitas yang sudah dipraktekan para  trainer sebelumnya, dengan mengikuti pola latihan sesuai dengan tujuan. Anda bisa mengukur berapa kecepatan detak jantung sebelum dan sesudah berjalan 1 km,  atau mampu melakukan berapa kali push-up dalam satu waktu.
 
*Contoh kasus dan pengertian sederhana tentang set dan repetisi agar anda tidak bingung
(2 set 5 reps push up) artinya : push up yang dalam satu waktu dilakukan selama 5 kali gerakan, istirahat
sebentar dilanjutkan 5 kali lagi, istirahat sebentar, dan dilanjutkan 5 kali lagi.  Pengulangan selama 2 kali tersebut dinamakan set, dan pengulangan dalam 1 set sejumlah 10 kali dinamakan reps atau repetisi. Semuanya masih dalam gerakan yang sama yaitu push up.

Selain pengukuran diatas, anda juga perlu mengukur “Indeks  Massa Tubuh” anda, sehingga bisa melakukan langkah selanjutnya dengan tepat.
 

Membuat Rencana Program Fitness

Bukan hanya rapat atau presentasi di kantor yang memerlukan rencana, tetapi soal urusan kesehatan juga perlu dibuatkan sebuah rencana. Apalagi jika ingin menjalani program fitness.

Rencana sangat berguna dalam proses pemantauan perkembangan latihan yang akan dijalankan. Selain itu, sebuah rencana yang jelas dan terukur akan membangkitkan motivasi tersendiri bagi para pelaku fitness terkait dengan pencapaian target.
Iklan Disini
Posted by Erwan Setiawan, Published at 11:31 PM

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Fitnes Tips | Partner Pathmo Media And Oto News