Fitnes : Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Salah satu resiko faktor teratas penyebab penyakit jantung adalah gaya hidup atau pekerjaan yang hanya berdiam diri suatu tempat.

Dan untuk mencegah terjadinya penyakit ini adalah dengan olahraga fitnes yang teratur, karena jika kita melakukannya dengan teratur maka akan memberikan beberapa keuntungan seperti :

  1. Menguatkan jantung dan system kardiovascular
  2. meningkatkan sirkulasi dan membantu tubuh menggunakan oksigen dengan lebih baik 
  3. eningkatkan level energi sehingga Anda bisa lebih aktif tanpa merasa kelelahan atau pendek nafas
  4. Meningkatkan daya tahan tubuh 
  5. Menurunkan tekanan darah
  6. Meningkatkan kekuatan dan keselarasan otot
  7. Meningkatkan keseimbangan dan kelenturan sendi
  8. Menguatkan tulang
  9. Membantu mengurangi lemak tubuh dan membantu mencapai berat ideal
  10. Membantu mengurangi stress (tekanan, kecemasan dan depresi)
  11. Meningkatkan image pribadi dan kepercayaan diri
  12. Memperbaiki kualitas tidur
  13. Menjadikan tubuh merasa lebih rileks dan mudah beristirahat, serta
  14. Membuat kita merasa fit dan sehat.


Nah, tunggu apa lagi, mulailah fitnes sekarang !!!

Namun alangkah baiknya sebelum memulai olahraga fitnes atau latihan teratur ada perlunya mengunjungi dokter Anda untuk meminta beberapa saran mengenai:

  1. Perubahan Obat-obatan. Obat jenis baru mungkin dapat mempengaruhi respon Anda terhadap latihan fitnes anda. Dokter dapat memberi tahu latihan rutin normal yang masih aman.
  2. Angkat Berat. Pastikan bahwa kegiatan mengangkat atau mendorong benda berat dan melakukan tugas rumah tangga seperti menyapu, menyekop, momotong ataupun menyikat tidak dilarang dan sesuai batasan kemampuan anda. Perkerjaan rumah mungkin dapat membuat letih bagi sebagian orang; pastikan Anda hanya melakukan apa yang mampu Anda lakukan.
  3. Latihan yang aman. Dapatkan persetujuan dokter saat ingin mencoba alat kebugaran yang berat, jogging atau renang sebagai bentuk olahraga rutin.


Jenis Olahraga fitnes terbaik untuk jantung
Berikut adalah beberapa jenis latihan fitnes yang dapat anda lakukan, seperti, :
  1. Stretching atau peregangan : meregangkan atau memanjangakan otot dengan perlahan. Meregangkan lengan dan dan kaki sebelum dan sesudah latihan dapat membantu mempersiapkan otot untuk menjalankan aktifitas serta mampu mencegah cedera dan keram otot. Peregangan secara teratur juga dapat meningkatkan jangkauan gerakan dan kelenturan tubuh.
  2. Cardiovascular atau Aerobic : aktifitas fisik yang stabil menggunakan sekelompok otot yang besar. Latihan jenis ini menguatkan jantung dan paru paru serta meningkatkan kemampuan tubuh untuk memanfaatkan oksigen. Latihan Aerobic memberikan manfaat dan keuntungan yang besar bagu jantung. Dalam jangka pancang Aerobic mampu mengurangi denyut jantung dan tekanan darah saat istirahat,serta meningkatkan pernafasan.
  3. Strengthening atau penguatan : perulangan dari kontraksi otot (dengan pengencangan), hingga otot mencapai titik lelah. Untuk orang dengan kegagalan jantung, latihan pengencangan ini tidak disarankan.
  4. latihan Aerobic: Latihan atau olahraga aerobic mencakup : berjalan, Jogging, lompat tali, bersepeda (statis atau diluar ruang), jalan Cross-contry, sepatu roda, mendayung dan ‘low impact-Aerobic’ atau Aerobic di air.


Berapa lama waktu Ideal untuk latihan Fitnes ini?

Secara umum, untuk mencapai keuntungan maksimum dari latihan fitnes ini, Anda perlu meningkatkan waktu latihan. Peningkatan waktu latihan bisa dimulai dari 20 hingga 30 menit setiap kalinya. Berlatihlah setidaknya tiga hingga empat kali seminggu.

Tidak ada komentar untuk "Fitnes : Mengurangi Resiko Penyakit Jantung"