Cara Mengatur Jadwal Fitness

Cara Mengatur Jadwal Fitness

Cara Mengatur Jadwal Fitness | Mengatur jadwal fitness memang sangat perlu untuk dilakukan. Karena biasanya sesuatu yang terjadwal pasti akan menghasilkan.

Inilah beberapa hal yang harus dilakukan supaya kalian tidak kewalahan dalam membagi waktu untuk fitness kalian.

Tentukan prioritas bagian tubuh yang akan dilatih

Apa sih kekurangan pada tubuhmu yang paling urgent untuk diperbaiki? Misalnya aja nih, ada yang bilang tubuh bagian bawah, karena tubuh bagian atas kan tertutup baju jadi gak kentara. Sedangkan bentuk perut, pinggul dan pantat hampir gak bisa disembunyiin.
 

Tentukan waktu untuk latihan

Idealnya sih 3-4 kali dalam seminggu untuk fitness, terserah jamnya. Tapi kalaupun tak bisa, minimal 2 kali seminggu. Itupun kalau tak banyak lemak yang musti dipangkas.
 
Mengatur jadwal fitness

Di gym atau di rumah?

Ini juga penting soalnya fasilitas yang ada kan gak selengkap di gym jadi kemungkinan variasi latihannya bisa beda.

Sekarang tinggal memahami jenis-jenis latihan dan otot yang ditarget.
  • Chest dan Triceps biasanya dijadikan satu karena latihan chest juga berpengaruh pada otot triceps. 
  • Back dan Biceps juga dijadikan satu, kebalikannya dengan Chest dan Triceps terletak pada letak otot yang dilatih.

Karena itu, kamu tak bisa melatih Back sekaligus Chest. Pada tiap latihan, hanya 1 otot besar (yang disebut otot besar adalah chest dan back) yang boleh dilatih.

Sedang abs exercise alias latihan otot perut merupakan latihan yang penting karena perut merupakan titik sentral tubuh kita. Melatih otot perut juga menjadikan tubuh kita semakin solid, tidak rapuh.

Selain latihan perut, latihan kaki atau legs exercise juga berdiri sendiri (bisa digabungkan dengan butts exercise alias latihan pantat).

Karena idealnya kita harus memberi waktu bagi tiap otot untuk beristirahat setelah 'disiksa', maka kita bisa membuat jadwal seperti contoh ini:
Senin: chest, triceps, abs (perut), legs
Rabu: back, biceps, butts, side-abs (pinggang)
Jumat: abs, legs, butts, side-abs

Dengan asumsi:
  • Targetmu adalah otot tubuh bagian bawah
  • Tak perlu menurunkan berat badan, hanya pembentukan saja
  • Punya waktu luang 3 kali dalam seminggu masing-masing 75-90 menit saja sudah termasuk 15 menit cardio untuk pemanasan.

Dengan membuat jadwal fitness, kita gak akan asal - asalan lagi dalam latihan, dan yang terpenting bagian tubuh yang kita target akan mendapat porsi lebih banyak.

Tapi, yang lebih penting lagi tentu saja pertama-tama kamu harus membangun motivasi untuk fitness terlebih dahulu. Karena jadwal dibuatkan untuk dijalankan, bukan hanya pajangan dinding semata. Agar tercipta disiplin, perlu motivasi yang kuat.

Demikianlah artikel kali ini admin sampaikan. Semoga bisa membuat kalian lebih baik lagi dalam menjalankan fitness dan berhasil dalam membentuk otot tubuh kalian.
Iklan Disini
Posted by Erwan Setiawan, Published at 4:25 AM

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Fitnes Tips | Partner Pathmo Media And Oto News