Miliki Bentuk Tubuh Ideal Dengan Pola Makan Sehat

Trend hidup sehat sudah mulai digandrungi oleh berbagai kalangan saat ini. Walaupun masih banyak orang yang hidup dengan cara yang kurang sehat. Pola hidup sehat bisa dimulai dengan mengatur pola makan anda.

Menurut Diet Channel, ketika tubuh Anda kekurangan vitamin dan mineral tertentu, maka tubuh Anda mulai menginginkan makanan-makanan yang pedas, asin, manis atau asam.

Contohnya seperti:
  1. Jika Anda menginginkan makanan yang bercitarasa asin, mungkin tubuh Anda sedang kekurangan yodium atau kalium dalam diet. Sedangkan menurut ilmu China kuno, jika Anda mengidam rasa asam dapat berarti ada indikasi melemahnya sistem kekebalan tubuh terutama pada organ hati (liver).
  2. Jika Anda ingin yang pedas-pedas, bisa jadi ada indikasi melemahnya kesehatan paru-paru dan terjadi aliran darah yang tidak teratur dalam pembuluh darah. Satu lagi, jika Anda sangat menginginkan makanan manis, mungkin saja terjadi pertumbuhan ragi berlebih dalam usus dan kadar mineral dalam tubuh menurun, karena itu Anda harus ‘mengakalinya’ dengan makan sayuran lebih banyak untuk mengendalikan kecanduan Anda pada makanan manis.

Cara terbaik untuk memahami dan mengendalikan keinginan Anda adalah dengan mengeksplorasi hubungan Anda dengan makanan. Mulailah dengan membuat daftar makanan yang paling ingin Anda makan. Selanjutnya, cobalah untuk memasukkannya ke dalam kategori-kategori tertentu dan temukan makanan pengganti yang lebih sehat, rendah kalori dengan rasa yang tidak jauh berbeda.

Mulai sekarang Anda harus benar-benar memahami, bahwa tubuh Anda lapar ketika ia butuh makanan dan ngidam ketika ingin menyantap makanan padahal Anda tidak sedang lapar. Ini merupakan dua hal yang berbeda.

Ada juga kebiasaan yang "Memaksa"  seseorang untuk makan ketika tidak lapar, yaitu penegasan status sosial. Sebagai contoh, Saat ini banyak kita temukan para pelajar, mahasiswa, eksekutif muda, hingga para pengusaha mengadakan gathering atau pertemuan tidak di ruang kelas atau gedung perkantoran tetapi di cafĂ©, restoran, dan berbagai tempat penyedia makanan instan lainnya. namun makanan di restoran berkelas tidak menjamin bahwa makanan yang disajikan sehat.

Jika menjadi kebiasaan, maka mengonsumsi sembarang makanan dapat mengakibatkan berat badan bertambah dan risiko terkena penyakit berbahaya pun mulai mengancam kesehatan Anda.

Nah, agar Anda tidak lagi terjebak dalam pola makan yang kurang sehat, kini saatnya Anda membiasakan diri untuk menjalankan pola makan yang sehat yang dapat menunjang pembentukan tubuh dan kesehatan Anda.

Berikut adalah pola makan sehat yang wajib anda ketahui, seperti:
 

Jangan Lewatkan Sarapan

Banyak orang melewatkan sarapan, sebagian beralasan tidak punya waktu untuk sarapan, ada juga yang tidak lapar saat bangun tidur sehingga tidak perlu sarapan. Sebagian lagi percaya jika tidak sarapan dapat membantu menurunkan berat badan. Padahal yang terjadi malah sebaliknya!

Saat Anda tidak sarapan, tubuh akan kekurangan bahan bakar untuk aktivitas di siang hari, karena saat tidur Anda sudah berpuasa selama 6-7 jam. Alhasil, di siang hari Anda akan merasakan lapar berlebihan dan akan menghabiskan makanan dalam porsi besar saat makan siang. Bahkan diperparah dengan ngemil makanan tinggi kalori seperti biskuit, cake, atau roti yang bisa membuat berat badan bertambah.

Perbanyak konsumsi Sayuran Segar

Pilihlah berbagai macam sayuran berwarna-warni setiap hari. Untuk setiap warna sayuran yang berbeda, nutrisinya pun juga berbeda. Variasi sayuran yang dapat dimasukan ke dalam program diet yaitu seperti wortel, ubi jalar, paprika serta sayuran berdaun hijau seperti kubis dan sawi. Selain kaya serat untuk melancarkan pencernaan, sayuran menyediakan berbagai vitmain dan mineral penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Konsumsi Lemak Sehat

Beberapa jenis lemak sebenarnya baik untuk Anda. Namun, harus dengan porsi yang tepat. Minyak zaitun dan alpukat memberikan lemak baik dan bagus untuk jantung. Ikan juga memberikan manfaat ini. Bedanya, ikan mengandung lebih banyak vitamin dan mineral yang baik untuk Anda.

Kurangi Konsumsi yang Manis-manis

Semua orang menyukai makanan manis. Sayangnya, lebih banyak kerugian yang ditimbulkan daripada manfaat yang diberikan oleh makanan manis. Batasi diri Anda dari makanan berkadar gula tinggi. Selain memicu obesitas, makanan manis juga dapat mengakibatkan lonjakan gula darah yang bisa memicu diabetes.

Makan 5-6 kali Sehari

Makan lebih sering yaitu 3 kali makan utama dan 2-3 kali snack sehat di antara waktu makan, adalah cara terbaik untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Pilih makanan ringan yang tinggi protein, rendah lemak, berprotein tinggi dan berkadar gula rendah. Non-fat yogurt dan kacang-kacangan adalah makan ringan yang tepat untuk mengalahkan rasa lapar sekaligus memberikan kepuasan.
 

Tunjang dengan Latihan yang Tepat

Jika menjaga pola makan saja sudah bisa membuat tubuh Anda sehat, apalagi jika Anda menambahkan beberapa latihan singkat, maka metabolisme tubuh Anda akan meningkat dan proses pembakaran lemak pun lebih efisien.


 
Terapkan pola makan sehat diatas secara konsisten agar Anda memiliki bentuk tubuh ideal sekaligus sehat dalam waktu singkat

Tidak ada komentar untuk "Miliki Bentuk Tubuh Ideal Dengan Pola Makan Sehat"